Ciri-Ciri Anak Suka Berbohong

Ciri-Ciri Anak Suka Berbohong Temukan Penyebabnya

Diposting pada

cara mengetahui Ciri-Ciri Anak Suka Berbohong ? Ada beberapa pemicu Ciri-ciri anak suka berbohong. Salah satunya yaitu : Contoh jelek dari orang-tua dan lingkungannya. Tujuannya, sang anak mengikuti dusta yang sudah dilakukan orang-tua dan lingkungannya hidup

Ciri-ciri anak suka berbohong yang lainya

Menghindari diri dari hukuman

Dia berbohong karena cemas memperoleh hukuman dari orang-tua, guru, atau temannya baik hukuman itu memiliki sifat fisik maupun non fisik (hukuman verbal) . Maka dia trauma atas tindakan orang-tua pada dianya. Contoh, sang anak pasti pecahkan piring. Hadirlah orang-tua dengan muka geram. Sang anak takut karena awalnya sempat juga pecahkan piring dan dijatuhi hukuman jam oleh orangtuanya atau diejek, “Dasar asal-asalan, letoy dll.”

Berbohong untuk menarik simpati dan perhatian

Anak berbohong untuk memperoleh perhatian dari oranglain, contohnya dari beberapa temannya. Dia akui tempo hari naik kapal terbang bersama ayahnya. Hal tersebut anak kerjakan hanya ingin mendapatkan perhatian dari beberapa temannya.

Anak berbohong untuk memperoleh suatu hal yang diinginnya.

Ciri-ciri anak suka berbohong ketahui jika ia tidak bisa mendapat apa yang diinginnya bila berlaku jujur. Karena itu, anak berbohong untuk memperoleh apa yang diinginnya. Contoh dia berbicara pada temannya, “Eh, itu mobil-mobilanmu ada kotoran ayamnya. Ih jijik. Sesudah dibuang oleh temannya, justru diambil olehnya.”

Panduan Supaya Anak Tidak Suka Berbohong :

  1. Orang-tua harus jadi panutan kejujuran
  2. Mengajari nilai kejujuran dan jeleknya dusta
  3. Mengajari kesederhanaan dan rasa mengucapkan syukur
  4. Menghindar dari geram yang tidak butuh dan tidak pada tempatnya
  5. Memberikan rasa optimis yang kuat
  6. Jaga keyakinan anak ke orang-tua
  7. Hadapi Anak yang Telah Terlanjur Sukai Berbohong

 

Sebagai orangtua kita dituntut untuk arif. Jika kita merasakan anak berbohong kita jangan langsung geram-marah, menghakimi anak secara beragam jenis ide dosa dan neraka. Dampaknya, anak tetap berbohong.

Cari info apakah benar Ciri-ciri anak suka berbohong dan buat apa dia berbohong. Tidak butuh geram, berlaku memeriksa, mengadili atau mungkin dengan memberikan ancaman. Bila anak merasakan terancam, lain kali dia tidak akui, bahkan juga akan berusaha mengarang dusta lain.


Bila anak berbohong, berikan pemahaman ke anak jika sikap berbohongnya tidak dicintai dan bisa berpengaruh jelek untuk dianya dan seseorang. Contoh akan dijauhi rekan, dapat dikisahkan cerita gembala dan serigala.

Dusta yang tidak mempunyai tujuan negatif tidak butuh dikasih hukuman. Contohnya karena anak sedang berimajinasi. Pada umur tertentu anak begitu asyik dengan dunianya yang penuh khayalan, kadangkala dia tidak bisa membandingkan yang mana riil yang mana tidak riil.

Contohnya bila dia menceritakan mengenai Malaikat yang ajaknya terbang ke langit. Hukuman baru diberi bila kandungan dan karena dustanya betul-betul kronis. Tetapi jangan memberi hukuman dengan hukuman fisik. Beri hukuman yang mendidik contohnya berbentuk hukuman sosial, atau mungkin dengan memutuskan sejumlah sarana anak. Contohnya dengan berlakukan larangan melihat acara tv kegemarannya atau memberi pekerjaan bersihkan ruang tidur.


Rutinitas berbohong pada anak bisa dikurangkan memperkuat jalinan antara orangtua dan anak. Bila anak dekat sama orang tua, dia semakin lebih terbuka hingga ada rasa sama-sama memercayai dan hargai . Maka, sempatkan diri kita untuk bersama beberapa anak.


Alirkan kreativitas dan kekuatan khayalan anak untuk beberapa kegiatan positif. Contohnya bermain drama, menulis narasi, menggambar bebas dan sebagainya.

Apa Sama Sekali Tidak Bisa Berbohong ke Anak ? Sering, orang-tua menjumpai kesusahan saat harus menjelaskan kebenaran pada anak. Itu penyebabnya, sadar atau mungkin tidak sadar, orang-tua kerap melemparkan ‘bohong putih’.

Contoh ada anak yang kulitnya hitam. Sang anak mengadu ke ayahnya karena kerap diledek oleh beberapa temannya. Selanjutnya si ayah melipur anaknya ini dengan menjelaskan jika kulit anaknya tidak hitam. Si ayah anaknya jika beberapa temannya salah. Ini diberi nama ‘bohong putih’ (White lie).

‘Bohong putih’ kerap disimpulkan beberapa orangtua sebagai dusta untuk maksud baik anak. Dalam masalah ini, untuk sederhanakan permasalahan atau membuat perlindungan keluguan anak yang belumlah cukup usia memahami topik perbincangan tertentu.

Walau beberapa orang memandang ‘berbohong putih’ yang sudah dilakukan kadang-kadang tidak ada apa-apa, tetapi dari segi psikologi perubahan anak, ‘berbohong putih’ teruslah sesuatu dusta yang dapat berpengaruh negatif untuk anak.

Berikut sejumlah imbas ‘berbohong putih’ pada anak:

  1. Anak tidak dididik masalah kepribadian baik dan jelek, dengan tidak menjelaskan hal sebetulnya.
  2. Membuat anak terima pesan yang keliru dan memusingkan, yang bisa mempengaruhi mereka di kehidupan bermasyarakat nantinya.
  3. Memunculkan tanda pertanyaan dan merasa tidak nyaman pada anak.
  4. Membuat anak mengikuti langkah yang diajarkan orang tuanya bila nantinya dia ada di keadaan sama.
  5. Membuat anak tidak belajar meningkatkan logikanya, karena dia seakan-akan dibungkam jalan singkat. Walau sebenarnya, anak semestinya mempunyai kekuatan analitik untuk belajar kenapa ini kenapa demikian.

Maka apa yang seharusnya Anda kerjakan Ciri-ciri anak suka berbohong ? Pakar perubahan anak menjelaskan jika yang terbaik ialah menghindar dari berbohong. Selalu jawab secara jujur dan berikan anak keterangan sama sesuai kekuatannya menyerap informasi.

Bahkan juga berdasar pengetahuan psikologi, Ciri-ciri anak suka berbohong yang menyukai dikelabui meskipun white lie akan menjadi penakut. Contoh anak yang sulit makan, lantas kita ucapkan, “Jika kamu tidak ingin makan, kelak kamu diamankan polisi, atau sakit dan disuntik oleh dokter galak, atau akan dikunjungi pocong.” Pada akhirnya anak tumbuh dengan hati takut bertemu polisi, dokter, dan yakin pocong.

Epilog Ciri-ciri anak suka berbohong

Tiap kita yang sudah dikasih anugerah anak. Jadikanlah buah kesayangan kita jadi penyejuk hati. Supaya buah kesayangan kita jadi penyejuk hati karena itu wajib untuk tiap kita mempunyai pengetahuan yang cukup saat mendidik dan menuntunnya. Mudah-mudahan pengkajian kita ini kali jadi pengetahuan dan pencerahan untuk kita supaya kita dapat mengajari ke anak kita beberapa nilai kejujuran dan menghindari anak kita dari karakter dan rutinitas dari Ciri-ciri anak suka berbohong.

Mudah-mudahan Allah memberikan keringanan ke kita untuk mendidik beberapa anak kita jadi calon penghuni Jannah. Amin Allahumma Amin.