biaya haji plus jepara

Biaya Haji Plus Jepara “Daftar Tahun Ini Berangkat Tahun ini Juga”

Diposting pada

Biaya Haji Plus Jepara Menjalankan ibadah haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan ditujukan untuk mereka yang memiliki kemampuan, baik dari segi finansial maupun fisik.

Di Indonesia, terdapat tiga jenis jalur keberangkatan, yaitu haji reguler, haji plus atau khusus, dan furoda.

Setiap program keberangkatan memiliki perbedaan dalam hal kelas, fasilitas, dan harga. Selain itu, pilihan paket juga memengaruhi waktu tunggu sebelum keberangkatan dan durasi di Tanah Suci.

Informasi Haji Plus Jepara, Biaya Haji Plus Jepara Bapak Ibu Dapat Menghubungi Kontak Berikut ini :

A. Pengertian Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perbedaan antara haji reguler, haji plus atau khusus, serta haji furoda, silakan baca artikel berikut ini!

1. Haji reguler

adalah program haji yang diatur secara resmi oleh pemerintah Republik Indonesia. Sebagian besar jemaah haji mengikuti program reguler karena kuota haji dari pemerintah Arab Saudi lebih banyak diperuntukkan bagi program ini.

2. Haji plus

atau juga dikenal sebagai haji khusus, juga merupakan program haji yang resmi dan masuk dalam kuota haji yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Perbedaannya terletak pada fasilitas yang lebih baik dan waktu tunggu yang lebih singkat dalam program haji plus.

3. Haji furoda

adalah program haji yang menggunakan visa haji furoda atau undangan resmi dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Dengan kata lain, kuota untuk program ini diperoleh secara khusus dari pemerintah Arab Saudi.

Praktik haji furoda telah diakui secara legal di Indonesia melalui Undang-undang No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (UUPIHU).

B. Perbedaan program haji reguler, haji plus/khusus, dan haji furoda

Penyelenggara Haji

Haji reguler diselenggarakan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia pada Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU).

Program haji plus/khusus diselenggarakan oleh badan hukum yang memiliki izin dari Menteri untuk melaksanakan ibadah haji khusus yang disebut Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

WNI yang berhaji melalui jalur haji furoda akan berangkat melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau perusahaan travel resmi yang terdaftar di Kemenag RI.

1. Biaya Haji

  • Biaya haji reguler berkisar antara Rp40-60 juta dan sekitar setengahnya ditutup dari manfaat dana haji yang dikelola Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH).
  • Biaya haji plus/khusus untuk tahun 2023 minimal sekitar USD 8,000 atau setara Rp121 juta.
  • Biaya haji furoda saat ini sekitar USD 15,500 atau setara dengan Rp235 juta.

2. Masa Tunggu Keberangkatan

  • Masa tunggu haji reguler bisa mencapai 10-30 tahun.
  • Masa tunggu haji plus/khusus lebih singkat, sekitar 5-7 tahun.
  • Jemaah haji furoda bisa berangkat di tahun yang sama saat menerima Visa Haji Furoda/Mujamalah dari pemerintah Arab Saudi.

3. Durasi di Tanah Suci

  • Program haji reguler berlangsung sekitar 40 hari.
  • Program haji plus memiliki durasi sekitar 25 hari.
  • Program haji furoda memiliki durasi 16-24 hari dari keberangkatan hingga kepulangan.

4. Fasilitas yang Didapatkan

  • Fasilitas haji reguler standar dengan penginapan biasa berjarak 2-5 kilometer dari Masjidil Haram dan tenda di Arafah dan Mina.
  • Haji plus/khusus menawarkan fasilitas eksklusif dengan penginapan dekat Masjidil Haram, tenda di Arafah dan Mina yang dilengkapi kasur dan AC.
  • Haji furoda juga menawarkan fasilitas eksklusif, bahkan lebih mewah dibandingkan haji plus.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam memahami perbedaan antara ketiga jenis program haji tersebut.